KaMi Financial Planning - Roadshow Term 1 Cawu 2

Gambar mungkin berisi: teks
Resume Roadshow Kelas Minat Financial Planning

Koordinator: mak Ardiani R Putri
Pada term ke-2, KAMI Finplan akan bertransformasi maak. Jadi untuk lebih membumikan ilmu perencanaan keuangan maka pada term ini akan dibuka kelas “BASIC Financial Planning”.

Kedepannya KAMI FINPLAN akan ada tingkatannya mak, yaitu:
⭐ Basic
⭐ Intermediate
⭐ Advanced

Goals dari kelas BASIC adalah mak tersayang semua sangat sangat terbiasa dengan perencanaan keuangan di keluarga. Jadi di level basic, kita semua akan berlatih untuk mulai memperbaiki perencanaan keuangan kita, dimulai dari membuat proyeksi pendapatan dan pengeluaran, pencatatan pengeluaran, bagaimana caranya mengalokasikan dana-dana dengan lebih tepat dan cermat.

Jadi, kita akan lebih banyaaaak latihan ๐Ÿ’ซ

REVIEW KAMI Finplan Term-1

1. Sharing Session: Setiap hari selasa, biasanya akan ada anggota KAMI yang akan share artikel mengenai perencanaan keuangan atau artikel apapun yang berkaitan dengan bahasan keuangan.

2. Materi Financial Planning: biasanya di hari Kamis ada materi singkat mengenai Financial Planning yang disarikan dari berbagai sumber.

3. Online Workshop: term-1 KAMI mengadakan online workshop mengenai Zakat Maal.

Dari tahapan ini, KAMI Finplan Level BASIC akan membahas lebih dalam tahap 1-3 ๐ŸŒŸ
Sekian Mak, penjelasan dari diriku. Monggo jika ada yang ingin kita diskusikan bersama ๐Ÿ˜˜
Tidak ada teks alternatif otomatis yang tersedia.
pertanyaan

❓Ika, United 1
haloo Mak Putri...
Mak, kalau yang awam banget bisa ikutan kan? Pengen memperbaiki rencana keuangan keluarga ni...

✅ jawab
Bisaaaaa banget mak, jadi di Tim KAMI Finplan terusssss memperbaiki materi sehingga semakin membumi pembahasannya.

❓ Ayun, United 1
1. Apakah syarat2 masuk ke kelas financial planning? terus kira2 bs g kl udah masuk kls tsb kita masuk kelas minat lain.  dan untuk kelas FP ini brp lama yaa ? ada level nya jg kah?

✅Jawab
Sependek yang aku tau, setiap member IP hanya diperkenankan mengikuti 1 kelas minat mak.
Kelas minat akan berjalan 1 term selama 4 bulan. Khusus untuk KAMI Finplan, term ini hanya akan dibuka level Basic.
Syarat masuk semua kelas minat adalah SIAP BELAJAR ☺

❓Atin, United 2
Maaf mak mau tanya,
1. Apakah kelas nya mempelajari keuangan syariah?
2. Terkait proyeksi perencanaan keuangan fokus d keluarga atau muamalah?
3. Pake aplikasi2 g mak?

✅Jawab
1. Pada term-1 kmrn, ada materi yang membahas mengenai keuangan syariah pada materi produk lembaga keuangan, asuransi.
2. Di level basic, fokusnya adalah memperbaiki perencanaan dan sistem di keluarga.
3. Secara khusus tidak menggunakan applikasi, namun bbrp mak yang tergabung di KAMI Finplan ada yg menggunakan applikasi untuk mempermudah pencatatan keuangan.

❓Atin, United 2
Mkasih mak.
Saya sangat penasaran asuransi, investasi secara syariah. ๐Ÿคญ

✅Jawab
Jadi, KAMI Finplan dibuat level agar semakin membumikan ilmu keuangan keluarga mak. Mulai dari hal yang paling dekat dengan mak-mak tersayang yaitu membiasakan mencatat pengeluaran.
Ini akan dibahas mulai dari level intermediate lanjut ke advance mak, karena produk keuangan seperti asuransi dan investasi *hanya kendaraan* untuk mencapai tujuan keuangan.
Sebelum sampai ke tujuan keuangan dengan kendaraan, kita harus selesai sesederhana tahap *mencatat pengeluaran*
Nah mak, kita harus mulai dari membenahi keuangan harian dan bulanan dulu nih.
Tahapan Perencanaan Keuangan ini mak, dikerjakan secara runut. Jika tidak, bisa jadi keuangan kita ga seimbang. Contohnya mau beli reksadana tapi ternyata utang kartu kredit masih ada.
Membeli reksadana itu bagian dari Investasi yang ada di tahap 6, namun jika kita masih memiliki Utang Kartu Kredit Utang Kredit Konsumtif maka harusnya dilunasi dulu utang kartu kreditnya.

❓Hana, United 2
Mak, bila kita udh rajin mencatat nih,
Evaluasinya bagaimana mak kelanjutannya?

Selama rajin mencatat - tadinya- saya gak pernah mengevaluasi, pernah hanya sesekali, tp dMpaknya Gak besar, shg mencatat menjadi bukan hal yg penting mendesak. ๐Ÿ˜ฐ
Pemikiranku salah pasti.
Tolong bantu di refresh mak๐Ÿ™๐Ÿป

✏ tanggapan Mirna, United 2
klo aku tiap bulan jadi tau, bocornya dana dimana. nanti dibicarakan sama suami. tra jadi evaluasi bulan berikutnya. sejauh ini buatku ngaruh bangeeeet. jadinya bisa ngerem belanja2 ga jelas ๐Ÿคฆ‍♀ emak2 kan mata diskonan tuuuh ๐Ÿ™Š

✏ tanggapan Nidia, United 2
Kalo di saya, kerasaaa bangett untuk move on to the next level>> berdoa secara detail...atas kondisi cashflow Kita.
Ya Allah...inilah cashflow Kami, Mohon rezeki kejutanmu, untuk kami mudah melunasi segala hutang kami,
Bila engkau ridho ya Allah...Mohon doa agar ditambah sumber penghasilan karena kami punya mimpi A, B, C
Dsb...

✅ Putri, Kordi FinPlan
Evaluasinya
1. Apakah pengeluaran sudah lebih kecil dari pendapatan.
2. Klo pengeluaran lebih besar, lalu sumber untuk menutupinya darimana? Pakai tabungan yang sudah ada? Pakai limit kartu kredit? Utang ke pihak ke-3?
3. Bagian utang, lebih banyak utang untuk produktif atau ternyata utang konsumtif (CC juga banyaak)

✏ tanggapan Nidia, United 2
Urgensi mencatat itu, bagi saya filosofi nya disitu...

Kalo kita ga tau kondisi kita sehat, apa sakit, apa misi kita di dunia yang udah kita catat di NHW...apa mimpi kita buat keluarga kita yang udah dituangkan ke vision board...

Apa selaras penghasilan kita untuk menuju tujuan hidup kita
Maka ruh nya gak ada...
Meaningless

✏ tanggapan Hana, United 2
Mungkin krn bebas dr hutang ya mak, jd menganggap semua berjalan serasa Allah mudah kan.
Eh, salah yaa๐Ÿ˜ฐ

✅ Putri, Kordi FinPlan
Alhamdulillah, berarti mak masuk ke tahapan selanjutnya bentuk dana darurat. Udah punya dana darurat belum? Jika sudah, lanjut ke tahap selanjutnya lagi.
Intinya sih sbnrnya Kelas Finplan yang term-1 akan lebih dekat dengan kebutuhan mak semuaaa.

Alhamdulillah, terima kasih mak semuaa. Ditunggu di kelas yaaaah, semoga obrolan kita pagi ini memberi manfaat. Semoga sedikit tercerahkan mengenai perencanaan  keuangan keluarga.

Hal yang selalu aku ingatkan ke diriku adalah merencanakan keuangan keluarga itu bagian dari ikhtiar menjaga rezeki dari Allah agar tiap rezeki yang Allah kasi itu kebermanfaatannya bisa dirasakan dalam jangka waktu yang lebih panjang, bisa dirasakan tak hanya oleh keluarga namun juga orang-orang disekitar kita yang lebih banyaak


๐Ÿ’ฐ๐Ÿ’น๐Ÿ’ธResume Roadshow Kelas Minat Financial Planning๐Ÿ’ธ๐Ÿ’น๐Ÿ’ฐ Koordinator: mak Ardiani R Putri Pada term ke-2, KAMI Finplan akan bertransformasi maak. Jadi untuk lebih membumikan ilmu perencanaan keuangan maka pada term ini akan dibuka kelas “BASIC Financial Planning”. Kedepannya KAMI FINPLAN akan ada tingkatannya mak, yaitu: ⭐ Basic ⭐ Intermediate ⭐ Advanced Goals dari kelas BASIC adalah mak tersayang semua sangat *sangat terbiasa* dengan perencanaan keuangan di keluarga. Jadi di level basic, kita semua akan berlatih untuk mulai memperbaiki perencanaan keuangan kita, dimulai dari membuat proyeksi pendapatan dan pengeluaran, pencatatan pengeluaran, bagaimana caranya mengalokasikan dana-dana dengan lebih tepat dan cermat. Jadi, kita akan lebih banyaaaak latihan ๐Ÿ’ซ REVIEW KAMI Finplan Term-1 1. Sharing Session: Setiap hari selasa, biasanya akan ada anggota KAMI yang akan share artikel mengenai perencanaan keuangan atau artikel apapun yang berkaitan dengan bahasan keuangan. 2. Materi Financial Planning: biasanya di hari Kamis ada materi singkat mengenai Financial Planning yang disarikan dari berbagai sumber. 3. Online Workshop: term-1 KAMI mengadakan online workshop mengenai Zakat Maal. Dari tahapan ini, KAMI Finplan *Level BASIC* akan membahas lebih dalam tahap 1-3 ๐ŸŒŸ Sekian Mak, penjelasan dari diriku. Monggo jika ada yang ingin kita diskusikan bersama ๐Ÿ˜˜ pertanyaan ❓Ika, United 1 haloo Mak Putri... Mak, kalau yang awam banget bisa ikutan kan? Pengen memperbaiki rencana keuangan keluarga ni... ✅ jawab Bisaaaaa banget mak, jadi di Tim KAMI Finplan terusssss memperbaiki materi sehingga semakin membumi pembahasannya. ❓ Ayun, United 1 1. Apakah syarat2 masuk ke kelas financial planning? terus kira2 bs g kl udah masuk kls tsb kita masuk kelas minat lain. dan untuk kelas FP ini brp lama yaa ? ada level nya jg kah? ✅Jawab Sependek yang aku tau, setiap member IP hanya diperkenankan mengikuti 1 kelas minat mak. Kelas minat akan berjalan 1 term selama 4 bulan. Khusus untuk KAMI Finplan, term ini hanya akan dibuka level Basic. Syarat masuk semua kelas minat adalah SIAP BELAJAR ☺
A post shared by ibuprofesional.depok (@depok.ibuprofesional) on

Facebook Page

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Instagram